cara perawatan genset

Kamu Harus Tahu Cara Perawatan Genset Sesuai Jadwal yang Benar

Menjaga mesin genset agar dapat bekerja secara prima saat akan digunakan dibutuhkan cara perawatan genset yang tepat secara berkala. Mulai dari harian, bulanan, hingga tahunan. Lalu bagian apa saja yang harus dirawat? Yuk, simak selengkapnya di sini. 

 Merawat Genset Secara Harian

Mengikuti jadwal perawatan genset yang baik, sebaiknya dilakukan setiap hari untuk pemakaian yang cukup sering. Khususnya untuk mengecek bagian-bagian penting seperti memeriksa tinggi oli mesin, bahan bakar, air radiator, dan aki, untuk memastikan mereka masih pada level yang normal agar tidak kehabisan Ketika digunakan. 

Selain itu, drain air pada fuel filter juga perlu diperiksa dan bagian lainnya seperti suaranya hingga getarannya. Jika dirasakan tidak normal maka harus dicari tahu kesalahannya di mana. 

Merawat Genset Secara Mingguan

Untuk cara perawatan genset mingguan, kamu hanya perlu merawat dan membersihkan bagian saringan hawa atau udara serta salurannya. 

Perawatan Setiap 250 Jam Pemakaian 

Sama seperti kendaraan, kamu perlu melakukan servis setiap 250 jam pemakaian atau kurang lebih sekitar 6 bulan sekali.  Bagian-bagian yang perlu dirawat yaitu memeriksa air radiator serta mengganti oli, filter udara, air, oli, hingga bahan bakar. 

Namun, khusus saringan udaranya kamu cukup menggantinya setelah 2 kali mengganti oli yang setara dengan 500 jam. 

Perawatan Setiap 1500 Jam atau 12 Bulan 

Jadwal perawatan genset selanjutnya yaitu setelah pemakaian 1500 jam yang setara dengan 12 bulan pemakaian. Kamu hanya perlu memeriksa bagian katup serta injector dan fuel pump. Lakukan penyetelan jika memang dibutuhkan. Jangan lupa, untuk memeriksa bagian tali kipas, jika longgar maka perlu dilakukan penyesuaian. 

 Perawatan Setiap 6000 Jam / 24 Bulan 

Setelah genset digunakan selama 6000 jam atau biasanya dicapai setelah pemakaian 24 bulan, maka kamu pun harus memeriksa bagian injector, water pump, dan fuel pump. Lakukan pembersihan dan kalibrasi pada area tersebut. Periksa juga bagian turbocharger, vibration damper, kipas, fan hub, dan saluran coller. 

Itulah cara perawatan genset dan bagian-bagian yang harus dirawat sesuai jadwalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *