Ilustrasi penurunan suku bunga bank

Suku Bunga Bank Sentral Hari Ini – Pengaruh Suku Bunga Acuan Terhadap Layanan Berbankan

Oktober 2021, Dewan Gubernur Bank Indonesia resmi kembali mempertahankan suku bunga bank acuan BI 7 day reserve repo rate di 3,50%.

Ini adalah kali ke 8 bank indonesia mempertahankan suku bunganya. Keputusan ini diambil menyesuaikan dengan perkiraan inflasi yang rendah, stabilitas nilai tukar dan dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi indonesia pasca pandemi yang berlangsung sejak awal 2020.

Naik turunnya suku bunga bank sentral ini memiliki pengaruh yang cukup besar dalam beberapa aspek kehidupan masyarakat. Berikut ini adalah instrumen dalam masyarakat yang terkena dampak dari naik turunnya suku bunga bank.

  • Dampak Terhadap Kredit

Satu hal yang pasti, kenaikan atau penurunan suku bunga acuan akan mempengaruhi suku bunga bank dari kredit perbankan. Jika terjadi penurunan suku bunga bank acuan, nasabah yang mengajukan kredit akan mendapat tingkat bunga yang rendah.

Selain itu, debitur KPR juga akan mendapatkan suku bunga bank mengambang yang lebih rendah, ketika bank sentral menurunkan suku bunga acuannya.

  • Mempengaruhi Pasar Obligasi

Bagi pemegang surat utang negara seperti ORI atau Sukri, bagi anda yang ingin mencari keuntungan dari capital gain, anda harus rajin memantau pergerakan harga di pasar obligasi. Karena harga ORI dan Sukri bisa menjadi lebih mahal jika suku bunga bank sentral mengalami penurunan, begitu pula sebaliknya.

  • Prospek Menarik Pada Reksa Dana

Meski keuntungan reksa dana pasar uang lebih banyak dipengaruhi oleh bunga deposito, namun ternyata penurunan suku bunga acuan juga dapat menurunkan bunga deposito. Pasalnya, penurunan bunga deposito cenderung lebih mudah disesuaikan daripada bunga kredit.

Selain itu, penurunan suku bunga bank sentral juga dapat mempengaruhi prospek reksa dana menjadi lebih menarik.

Itulah beberapa dampak yang dapat terjadi ketika bank sentral mengalami penurunan suku bunga acuan. Dalam beberapa aspek, penurunan suku bunga bank sentral dapat membuahkan keuntungan yang cukup menarik. Satu hal yang harus kita ingat bahwa, suku bunga acuan yang dipertahankan saat ini semata-mata untuk mendorong pemulihan perekonomian negara dan akan kembali menyesuaikan setelah semuanya pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *