Ilustrasi Genteng Ringan dan Kuat

Menggunakan Atap Dengan Konsep Genteng Metal Ringan, Waspadai Hal Berikut Ini

Tidak ada rumah atau gedung hunian tanpa adanya atap. Banyak sekali model atap yang dapat kita jumpai di sekitar kita. Mulai dari jenis tanah liat, aluminium, hingga bahan metal lainnya. Saat ini atap dengan komposisi genteng metal telah menjadi jamur bagi para generasi milenial dalam membuat rumah. Apalagi untuk jenis rumah minimalis di perkotaan. Genteng ringan dan kuat dengan paduan bahan metal menjadi pilihannya. Tingkat kekokohan yang tinggi serta konsep yang cukup simpel seolah mampu mendorong seseorang untuk lebih memilih menggunakan atap ini.

Namun sebelum mengaplikasikannya, yuk kita cek beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memasang atap atau genteng ringan.

Rangka Atap Baja Ringan

Menggunakan genteng ringan dengan bahan dasar metal tentu membutuhkan rangka yang ringan pula. Rangka dengan solusi baja menjadi solusinya. Sebelum membeli rangka atap baja ringan ini, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa atap baja ringan ini sudah dilapisi dengan lapisan anti karat. Semakin tebal lapisan tersebut, semakin baik pula kualitasnya.
  2. Pastikan juga terdapat garansi resmi pada produk yang hendak Anda beli. Biasanya untuk atap baja yang baik memiliki garansi satu tahun penuh.
  3. Sudah terintegrasi dengan software yang menunjang desain atap baja, baracing atau sistem pengaku sera paku dengan sistem self-drilling.
  4. Pemasangan harus dilakukan oleh orang profesional dan dikerjakan dengan teliti.

Apabila terjadi sedikit salah perhitungan, bisa jadi atap yang dipasang tidak memenuhi fungsinya dengan maksimal.

Kekurangan penggunaan genteng metal

Meskipun terlihat lebih banyak nilai plus daripada kekurangannya jika dibandingkan dengan genteng tanah, tidak menutup kemungkinan bahwa genteng ringan dan kuat ini perlu perhatian yang serius. Jika Anda sudah memilih untuk menggunakan genteng metal, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan dan diatasi. Kekurangan tersebut diantaranya :

  1. Genteng metal dengan bahan dasar aluminium tipis rentan terhadap tekanan. Tekanan tersebut bisa berupa hujan deras, angina dengan debu yang tebal dan lain-lain. Anda perlu memilih genteng dengan kualitas metal kuat pada saat membeli.
  2. Ekspansi aluminium dapat mengganggu beberapa susunan atap atau rangka. Selain itu ada kemungkinan korosi pada bahan baja. Inilah pentingnya memilih genteng dengan lapisan anti karat.
  3. Pemasangan tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang.

Memang pada dasarnya untuk memilih jenis genteng ringan dan kuat berbahan metal harus dilakukan konsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Selain untuk menghindari hal-hal yang disebutkan di atas, dapat pula mengantisipasi terjadinya kerusakan-kerusakan lain. Bijaklah dalam memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *