mengenal berbagai jenis penjualan dan keuntungan penjualan kredit bagi penjual

Berbagai Jenis Penjualan, dan Keuntungan Penjualan Kredit Bagi Penjual

Dalam dunia bisnis memang hampir tidak bisa dipisahkan dengan penjualan. Ya, penjualan bisa menjadi salah satu faktor utama untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih besar. Ada beberapa jenis penjualan, salah satunya adalah penjualan kredit. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai penjualan, terutama Penjualan dengan kredit, maka dapat untuk simak ulasannya berikut. 

Jenis-jenis Penjualan 

Penjualan tak hanya terpaku pada penjualan barang saja, tapi juga dalam bidang jasa. Saat penjualan terdapat nilai yang tinggi, maka bisa diartikan bahwa banyak konsumen yang membutuhkan barang atau jasa tersebut. Sebaliknya pun, saat penjualan rendah, maka bisa diartikan ada kesalahan, seperti bisnis tersebut tidak menyasar pada target yang tepat. 

Nah, sistem penjualan pun tidak hanya terdapat satu jenis saja. Bagi para pemilik bisnis, ada beberapa jenis penjualan yang perlu diketahui. 

  1. Penjualan Tunai 

Pertama ada penjual secara tunai. Penjualan ini merupakan transaksi penjualan yang dilakukan secara tunai, dengan pembayaran cash dan selesai dalam satu transaksi. Sistem ini mungkin sudah sering And lakukan dalam kehidupan sehari-hari. 

  1. Penjualan Kredit 

Selanjutnya adalah sistem penjualan kredit yang pembayarannya dilakukan secara mencicil sesuai dengan rentang waktu tertentu yang sudah disepakati oleh penjual dan pembeli. Untuk jumlah pembayaran per cicilannya disesuaikan dengan lama kredit yang telah diambil. Sistem ini pun biasanya menerapkan bunga di setiap cicilan, tapi ada juga yang tanpa bunga. 

  1. Penjualan Tender 

Ini merupakan penjualan yang dilakukan melalui proses tender. Prosedur dalam penjualan tender memiliki ketentuannya sendiri. Ketentuan ini dibuat sesuai dengan kebutuhan dari pihak penjual dan pembeli. 

  1. Penjual Ekspor 

Berikut ada penjual ekspor yang melibatkan pembeli dari luar negeri. Untuk menjaring pembeli dari luar negeri biasanya  terjadi pada bisnis yang sudah besar. 

  1. Penjualan Konsinyasi

Ini adalah penjualan yang menggunakan pihak ketiga. Seperti contohnya produk atau jasa yang dijual melalui reseller sebelum ke tangan pembelinya. 

  1. Penjualan Grosir 

Tidak jauh berbeda dengan penjualan Konsinyasi, hanya saja barang grosir dijual kepada pedagang grosir secara eceran. 

Itulah beberapa jenis penjualan yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pebisnis. Khususnya dalam penjualan secara kredit ada beberapa keuntungan yang diperoleh oleh pihak perusahaan atau penjual. 

Keuntungan penjualan Dengan Sistem Kredit 

Setiap jenis penjualan tentunya memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Nah, untuk penjualan secara kredit pun memiliki beberapa kelebihan, antara lain dapat mendorong pembeli untuk membelanjakan uangnya lebih banyak dari yang seharusnya. Penjualan kredit bisa mendorong pembeli yang awalnya tidak tertarik bisa mengubah pikirannya yang akhirnya akan membeli produk kredit tersebut. 

Keuntungan selanjutnya adalah akan meningkatkan hubungan penjualan dan pembelian. Sebab penjualan kredit akan menuntut adanya keterbukaan antara kedua pihak dalam transaksi jual-beli. Keterbukaan ini akan membuat penjual lebih bisa memahami dengan kondisi dari pembeli, begitu pun sebaliknya, sehingga penjualan akan berjalan lancar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *