ilustrasi online shop

Masa Depan e-Commerce Bersama Conversational Commerce

Saat ini, conversational commerce dapat dikatakan sebagai salah satu masa depan dari e-commerce. conversational commerce merupakan sebuah interaksi antara penjual dengan pelanggan melalui pesan instan yang memungkinkan untuk membuat transaksi penjualan secara online terjadi. Hal ini sangatlah dimungkinkan semenjak digital messaging menjadi keseharian dalam hidup. 

Perkembangan Pesat dari Teknologi Conversational Commerce 

Tujuan utama dari conversational commerce adalah menyediakan / memberikan kenyamanan, personalisasi dan dukungan kepada pembeli dalam transaksi jual beli. Perkembangan dari conversational commerce juga seiring dengan perkembangan teknologi. Saat ini, teknologi artificial intelligence bahkan diselipkan dalam sehingga bisa diterapkan untuk berbagai sektor bisnis. Saat ini sudah sebesar 80% bisnis yang menyatakan bahwa mereka sudah atau berencana menggunakan conversational commerce dan dari beragam industry. Di Indonesia sendiri, sejumlah bisnis dan brand besar sudah menggunakan platform Whatsapp Business sebagai channel penjualan utama. Mulai dari supermarket, brand besar hingga ritel. 

Mentransformasi Hubungan antara Penjual dan Pelanggan 

Penggunaan conversational commerce akan mentransformasi hubungan antara antara pembeli dan penjual. Dengan adanya conversational commerce, hubungan antara pembeli dan penjual akan menjadi lebih personal. Brand bisa memiliki kesempatan yang lebih mudah dalam membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Di Indonesia, sebanyak 90% konsumen mengatakan bahwa mereka merasa lebih yakin untuk membeli suatu produk jika seller responsif terhadap chat dari pembeli. 

Tidak hanya Untuk Layanan Pelanggan 

Jika sebelumnya conversational commerce kebanyakan hanya digunakan untuk melayani pelanggan, maka conversational commerce dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan pengalaman belanja konsumen dimulai dari brand awareness, memberikan rekomendasi serta pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk atau layanan lebih lanjut, transaksi hingga support pembeli untuk melakukan pembelian di lain hari. 

Melihat besarnya manfaat dari conversational commerce, banyak brand yang kemudian menerapkan penggunaan conversational commerce dalam melayani pelanggan. Feedback dari konsumen mengenai conversational commerce adalah pengalaman berbelanja yang cepat, mudah, ramah serta informative meskipun mereka berkomunikasi dengan menggunakan chatbot namun lebih mudah daripada mencari katalog produk di website satu persatu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *