mengetahui sertifikat tanah asli

Yuk Kenalan Dengan Sertifikat Tanah, Yakin Sertifikat Tanahmu Asli?

Jika kita membeli tanah atau rumah, hal penting yang harus ada sebagai bukti legal kepemilikan tanah adalah sertifikat tanah. Tentunya, adanya sertifikat tanah sudah melalui proses pendaftaran, sehingga dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Sertifikat tanah dikatakan sebagai dokumen negara, yang secara resmi data kepemilikan tanah akan diarsipkan di Badan Pertanahan Nasional.

Apa Itu Sertifikat Tanah?

adalah surat resmi sebagai bukti kepemilikan seseorang atas tanah yang dimilikinya. Lembaga negara yang secara resmi mengeluarkan sertifikat adalah Badan Pertanahan Nasional. Selanjutnya, dokumen akan dicetak oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Sertifikat tanah juga memiliki banyak jenis, salah satunya sertifikat hak milik (SHM).

Fungsi Sertifikat Tanah?

Fungsi dari sertifikat tanah yaitu sebagai bukti konkret bahwa tanah/ lahan milik kita adalah memang benar milik kita. Karena sudah dibuktikan dengan adanya sertifikat tanah yang sudah terdaftar di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Apakah Sertifikat Tanah Bisa Dipalsukan?

Setelah mengetahui definisi sertifikat tanah dan fungsinya, kita juga perlu mengetahui keaslian dokumen negara satu ini. Memang ada yang palsu? Tentu saja, sertifikat tanah juga dapat dipalsukan. Lalu, bagaimana ciri sertifikat tanah asli? Berikut yang bisa kita lakukan untuk cek keaslian dari sertifikat tanah yang kita miliki, yaitu cek Nomor Sertifikat Tanah. Salah satu caranya, kita bisa cek nomor sertifikat tanah. Apakah nomor sertifikat sudah terdaftar di BPN atau belum. Kita bisa cek secara online atau datang langsung ke BPN untuk memastikan keaslian sertifikat tanah yang kita miliki.

Selain datang ke BPN, kita juga bisa menggunakan jasa secara resmi berkaitan erat dengan pembuatan sertifikat, pengecekan sertifikat, hingga balik nama sertifikat tanah. Ada organisasi/ lembaga yang kompatibel dalam melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Cara selanjutnya, kita bisa cek sertifikat secara mandiri. Yaitu dengan memperhatikan dokumen sertifikat secara detail. Kita bisa fokus pada bagian sampul, sertifikat asli yang dikeluarkan oleh BPN sampulnya berwarna hijau, serta bisa dilihat pada bagian cap dan tanda tangan. Apakah cap dan tanda tangannya asli atau tidak.

Jadi, kamu sudah bisa mengetahui apa itu sertifikat tanah dan bisa membedakannya secara mandiri atau dengan bantuan dari lembaga tertentu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *