Ilustrasi Simulasi Kredit

3 Metode Hitung Bunga pada Simulasi Kredit

Penghitungan untuk simulasi kredit tentu juga tak bisa dipungkiri memberikan manfaat dalam menetapkan jumlah bunga yang harus disertakan untuk dibayar peminjam. Nah ternyata dari jenis cara untuk penghitungan tarif bunga tersebut juga ada beberapa macamnya. Untuk lebih jelasnya langsung simak ini.

3 Metode Hitung Bunga pada Simulasi Kredit

  1. Sistem Bunga Flat

Penghitungan simulasi cicilan menggunakan metode bunga flat dinilai banyak orang sebagai sebuah opsi yang paling simple untuk diterapkan. Jadi penetapan tarif bunga dihitung dari semenjak awal pengajuan pinjaman disesuaikan dengan semua total masa tenor yang dipilih oleh nasabah yang meminjam dana itu.

Biasanya besaran tarif bunga per bulannya akan memiliki jumlah tetap tak akan berubah sama sekali. Sedari awal sudah bisa dipastikan berapa besaran tarif bunga yang dibebankan kepada nasabah yang meminjam dana tersebut. Tak ada perubahan berarti yang terjadi dalam besaran pada tabel angsuran ya.

  1. Sistem Bunga Efektif

Para ahli mengatakan jika metode penghitungan bunga efektif ini paling cocok diterapkan pada jenis angsuran yang memiliki tenor atau masa bayar cukup lama. Jadi untuk perhitungannya tak berdasarkan jumlah pokok hutang yang pertama kali dan memiliki nilai stabil layaknya metode bunga jenis flat di atas.

Sistem perhitungan bunga efektif ini tiap bulannya memiliki proporsi jumlah utang pokok serta jumlah bunga yang selalu berubah-ubah. Cara perhitungan metode ini dinilai memberi nilai total tarif bunga yang lebih rendah dari metode sebelumnya. Lantaran hitungan bunga dinilai dari sisa pokok hutang yang berkurang.

  1. Sistem Bunga Anuitas

Penghitungan simulasi cicilan dengan metode bunga anuitas ini sebenarnya tak memiliki perbedaan yang amat signifikan dari metode bunga efektif yang sebelumnya. Namun mungkin memang sedikit diberikan inovasi tambahan khususnya dalam jumlah angsuran yang harus dibayarkan tiap bulan oleh sang nasabah.

Jika pada poin penghitungan metode bunga efektif besaran angsuran tiap bulan bisa berubah maka dengan metode bunga anuitas besaran cicilan per bulan signifikan dalam jumlah tetap. Makin memudahkan untuk nasabah yang meminjam dana tersebut. Perbedaan mencolok terjadi di besaran bunga dan hutang pokok.

Besaran cicilan tetap sama per bulan namun besaran hutang pokok jumlahnya bertambah. Berbanding terbalik dengan jumlah tarif bunga yang justru mengalami penurunan secara signifikan. Sebaiknya nasabah tak memutus kontrak di tengah jalan lantaran besaran sisa hutang pokok yang dibayarkan terus bertambah.

Namun jika nasabah tetap konsisten melunasi pembayaran cicilan hingga akhir masa tenor sebenarnya cicilan tarif bunga dari metode anuitas ini sama rendahnya dengan metode bunga efektif. Lebih rendah dari bunga flat tentunya yang menguntungkan nasabah ya.

Pada hitungan simulasi kredit yang dikhususkan mencari besaran tarif bunga dengan banyak cara di atas tentu akan bisa membantu pihak yang terkait proses peminjaman dalam menentukan besaran bunga paling akurat. Semoga saja ulasan dalam artikel satu ini bisa menambah referensi untuk para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *