Ilustrasi kosmetik

Bisnis dari OEM Kosmetik

Perusahaan OEM adalah suatu perusahaan atau organisasi yang memproduksi barang sesuai spesifikasi yang ditentukan dan kemudian  dijual  ke perusahaan lain. Salah satu bisnis dari OEM adalah OEM kosmetik. Perusahaan pembeli produk OEM akan memasarkan produk itu lagi dengan merek perusahaan itu sendiri.

Menciptakan Brand Kosmetik Dari OEM

OEM kosmetik semakin banyak bermunculan dan semakin banyak peminatnya. Hal ini tidak lepas dari pelaku bisnis yang tertarik untuk memunculkan produk kecantikan dengan brand yang diciptakan sendiri. Bekerja sama dengan OEM juga memudahkan pelaku bisnis kosmetik, alasannya adalah:

  1. Quality control sudah dilakukan oleh pihak perusahaan. Perusahaan OEM juga akan memberikan jaminan peningkatan dan pengembangan produk jika kontrak yang dijalin berjangka panjang. 
  2. Perizinan dari Badan POM dan dokumen penting lainnya juga sudah disediakan oleh pihak OEM kosmetik. Sehingga sebagai distributor tidak perlu lagi mengeluarkan tambahan biaya untuk mengurus perizinan produk.
  3. Perusahaan OEM sangat banyak dan mudah diakses dengan cara online. Dengan banyaknya perusahaan OEM yang menawarkan kosmetik secara online tentu saja ada juga persaingan yang berlangsung. Perusahaan OEM akan berlomba menawarkan produk kosmetik dengan kualitas yang paling baik.

Tahapan Bekerja Sama dengan Perusahaan OEM

Apakah sebagai perusahaan pembeli hanya serta merta menerima produk yang ada saja? Apakah tidak bisa memilih produk dari perusahaan OEM. Tentu saja perusahaan pembeli bisa melakukan pemilihan akan produk kosmetik yang akan dibeli. Hal yang dilakukan untuk melakukan pembelian kosmetik dari perusahaan OEM adalah:

  1. Diskusikan produk terlebih dahulu. Konsultasikan ide dan konsep dari produk OEM kosmetik dengan cermat. Pertimbangkan bahan-bahan pembuat kosmetik begitu juga dengan harganya. Ukuran kemasan dan desain kemasan juga bisa didiskusikan terlebih dahulu.
  2. Cermati bahan yang digunakan untuk pembuatan kosmetik. Setiap perusahaan tentu memiliki ketentuan yang berbeda untuk bahan baku yang digunakan. penggunaan berbagai bahan baku tentu sudah melewati berbagai tahap pengujian terlebih dahulu. Tentukan mana yang sesuai dengan kriteria untuk produk yang akan dijual.
  3. Memilih kemasan produk untuk membantu penentuan harga jual. Kemasan tidak hanya untuk membuat tampilan suatu produk menarik. Tetapi juga perlu memperhatikan fungsi dari kemasan dan bisa menambah harga jual.
  4. Pemberian logo juga diperlukan sebagai ikon dan ciri khas perusahaan. Logo dibuat semenarik mungkin. Logo dan kemasan kosmetik tidak hanya menarik pembeli, namun juga bisa meningkatkan kemewahan suatu produk. 

Bekerja sama dengan OEM kosmetik memang menjadi salah satu pilihan bisnis. Selain kemudahan yang ditawarkan, produk kosmetik yang ditawarkan memiliki harga yang lebih murah karena diproduksi dalam jumlah banyak.

Seringkali produk OEM dianggap produk KW. Produk KW adalah produk tiruan yang dinilai ilegal dan menimbulkan kegelisahan saat akan membeli. Produk OEM diproduksi oleh perusahaan yang legal dan tentu saja sudah memiliki ijin produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *