Sekilas tentang Bearing industri

Sama seperti benda lainnya, bearing industri pun bisa mengalami berbagai kerusakan. Apakah Anda tahu apa saja yang menyebabkan bearing rusak? Nah,  tentunya sebagai pengguna bearing, maka Anda harus mengetahui beberapa hal yang bisa membuat bearing rusak. Dengan mengetahui penyebab kerusakan, maka tentunya Anda bisa meminimalisasi kerusakan pada bearing. 

Hal yang Menyebabkan Bearing Rusak

Jika bearing yang Anda gunakan cepat rusak, maka mungkin berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan bearing rusak. 

  1. Menggunakan Pelumas Bearing yang Tidak tepat

Agar bearing tetap awet, maka tentunya Anda harus memberikan perawatan yang tepat untuk bearing Anda. Salah satu perawatan yang diperlukan untuk bearing adalah dengan rajin memberikan pelumas untuk bearing.Tapi meskipun begitu, jangan asal dalam memilih pelumas untuk bearing. 

Sebab penggunaan pelumas yang tidak pas, dan volume yang digunakan tidak pas bisa menjadi penyebab kerusakan pada bearing. Nah, dengan pelumas yang tepat maka selain bisa menghindari berbagai kerusakan bearing, Anda juga bisa lebih berhemat dalam membeli pelumas bearing. 

  1. Kelebihan Beban 

Hal selanjutnya yang bisa merusak bearing adalah karena mesin beroperasi dengan beban yang melebihi kapasitas yang sudah ditentukan. Kerusakan ini jelas akan membuat Anda lebih sering melakukan penggantian bearing. Selain itu, yang lebih parahnya lagi mesin terjadi down time yang terjadi tiba-tiba. 

Jika memang mesin harus beroperasi dengan beban yang lebih berat, maka ada baiknya Anda menggunakan bearing dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

  1. Kebersihan Bearing Tidak Terjaga 

Pasir, debu, dan material lainnya bisa saja masuk ke dalam sela-sela lingkungan kerja bearing industri tersebut. Nah, material yang masuk ke bearing jelas bisa membuat kerusakan pada bearing. Jika memang demikian, maka ada baiknya Anda tetap memperhatikan kebersihan bearing. 

Nah, ada baiknya saat menggunakan pelumas pada bearing, Anda menggunakan peralatan yang bersih, dan setelah menggunakan bearing maka bersihkan bearing secara tepat dan rutin.

  1. Instalasi Bearing yang Tidak Baik

Pemasangan bearing jelas harus tepat, tidak boleh terlalu kencang atau terlalu longgar. Bearing yang dipasang terlalu kencang atau ketat akan mengakibatkan panas yang berlebihan saat digunakan, sebab gesekan yang terjadi. Sedangkan bearing yang terlalu longgar dipasang akan mengakibatkan fretting corrosion. 

Nah, agar instalasi bearing tepat, maka Anda harus menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk memasang bearing. Selain itu, jika memang tidak memasang bearing sendiri, maka gunakanlah jasa teknisi yang memang bisa diandalkan.

Itu adalah empat hal yang bisa membuat bearing industri cepat rusak. Tentunya Anda tidak mau jika bearing yang Anda gunakan tidak awet dalam penggunaannya. Maka dari itu rawatlah bearing dengan benar. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda harus menggunakan pelumas yang tepat untuk bearing. Jika tidak paham dengan pelumas yang tepat, maka Anda bisa bertanya kepada ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *