Condition Monitoring untuk Kemudahan Pemeliharaan Mesin

Sebuah pabrik yang sebagian besar menggunakan mesin pastinya membutuhkan perawatan berkala agar mesin tetap dalam kondisi prima ketika digunakan untuk bekerja. Oleh sebab itu perawatan mesin juga dianggap sebagai investasi dibandingkan menunggu kerusakan pada mesin. Hal yang bisa dilakukan secara berkala adalah condition monitoring

ConMon untuk Kemudahan Perawatan

Condition Monitoring menjadi salah satu bagian dalam bidang teknik yang bertujuan untuk memelihara peralatan. Nah, apabila membahas lebih lanjut tentang condition monitoring SKF  merupakan sebuah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memantau kondisi mesin serta menganalisa gangguan yang terjadi pada mesin. Tujuan proses ini untuk deteksi dini apabila nantinya ada kesalahan pada mesin.

Peralatan Condition Monitoring

Sesuai dengan tujuannya tentu proses condition monitoring juga membutuhkan berbagai peralatan yang canggih baik dari sisi software maupun hardware. Hardware merupakan perangkat yang berguna sebagai alat instrumentasi untuk mengukur misalnya sensor suhu dan berbagai kelengkapannya, sensor vibrasi untuk mendeteksi getaran abnormal, sensor untuk mendeteksi kecepatan dan berbagai perlengkapan lainnya. 

Software atau perangkat lunak dalam condition monitoring SKF dibutuhkan sebagai alat bantu analisa, biasanya sering digunakan untuk menganalisa perputaran mesin. Selain peralatan yang sudah disebutkan umumnya condition monitoring juga membutuhkan instrument portable yang biasanya digunakan untuk membantu proses monitoring.

Ketika anda menggunakan alat condition monitoring SKF anda juga akan membutuhkan alat testing yang berguna untuk mengetest performa dari sistem vibrasi. Sistem vibrasi sensor memiliki peranan yang penting dalam mengukur perputaran mesin untuk mendeteksi terjadinya gangguan. Vibrasi sensor juga membutuhkan pengaturan serta pengolahan sinyal terlebih dahulu. Selain itu peralatan juga akan dilengkapi dengan thermograph yang berfungsi dalam deteksi suhu mesin. 

Kelebihan Menggunakan Condition Monitoring

Mengapa akhirnya banyak perusahaan menggunakan alat ini? Tentu mempertimbangkan hal yang berkaitan dengan manajemen risiko serta optimalisasi jadwal perawatan berkala. Fungsi condition monitoring juga memiliki peran dalam memperpanjang umur peralatan dan mencegah kerusakan yang lebih parah dan akhirnya bisa membutuhkan biaya yang lebih besar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *